Selasa, 24 November 2020

 

Ringkasan Materi Kelas 5 Tema 3 

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk orang supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan, Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang dijual dan dipasang di media massa seperti koran majalah atau tempat-tempat umum.
Kata iklan berasal dari bahasa Yunani yang artinya menggiring orang-orang kepada gagasan. Pengertian iklan secara lengkap yaitu semua wujud aktivitas untuk mendatangkan dan menawarkan ide atau gagasan.

barang dan/atau jasa secara bukan personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.
Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.
Contoh media cetak : Koran, majalah, tabloid
Contoh media elektronik : televise, internet

Perbedaan iklan media cetak dan media elektronik
- Iklan tertulis
- Bisa disimpan dan dibaca kapan saja
- Persuasi menyentuh rasio/ pikiran
- Bahasa yang digunakan formal
- Kalimat dapat panjang dan terperinci

B. CIRI-CIRI IKLAN
  • Komunikatif
  • Informatif
  • Bahasanya mudah dimengerti dan diingat masyarakat
  • Menarik perhatian dan bersifat mengajak penonton/pembaca untuk membeli/menggunakan barang atau jasa yang telah diiklankan
C. SYARAT IKLAN
  • Kata dan bahasanya tertata dan tidak memiliki tafsir ganda.
  • Bahasa yang dipakai menarik dan mudah diingat-ingat oleh masyarakat.
  • Tidak boleh merendahkan atau menghina produk sejenis dari perusahaan lain.
  • Tidak boleh berbohong, harus apa adanya.
  • Iklan harus dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, sopan santun, target pasar, dan lain-lain.
D. MANFAAT IKLAN
Seperti yang kita tahu, iklan sangat berperan dalam aktivitas bisnis. Adapun manfaat iklan yaitu :
  • Produk menjadi lebih terkenal di mata masyarakat
  • Keuntungan yang diperoleh dalam bisnis dapat melonjak naik karena produk dipromosikan
E. JENIS-JENIS IKLAN MENURUT PARA AHLI
Menurut Bitner, iklan ada 2 jenis yaitu :
  • Iklan standar, adalah iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan produk atau barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan.
  • Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang sifatnya non profit dan berupaya memperoleh keuntungan sosial di dalam masyarakat.
F. JENIS-JENIS IKLAN BERDASARKAN MEDIANYA
1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak. Teknik ini dapat berupa letterpess, photolitography, sablon, inkjet, laser dan lain sebagainya.
Wujudnya iklan cetak ini antara lain koran, majalah, baliho, poster, stiker, dan lain-lainnya. Berdasarkan luas space atau ukuran koran, majalah dan tabloid memiliki 3 wujud iklan, yaitu :
  • Iklan baris biasanya tidak lebih dari 3-4 baris, sampai luas tidak melebihi dari sekolom.
  • Iklan kolom memiliki luas satu kolom, tetapi lebih tinggi dibanding iklan baris.
  • Iklan display memiliki ukuran lebih lebih luas jika dibandingkan iklan kolom.
2. Iklan Elektronik
Iklan elektronik, adalah iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa :
a.) Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik yang hanya bisa didengar melalui audio (suara). Suara itu bisa berupa suara manusia yang teratur, musik, perpaduan suara-suara yang teratur menggunakan ritme dan harmonis, sound effect serta suara-suara yang tidak beraturan atau efek suara alam.
b.) Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki karakteristik memiliki suara, gambar dan gerak. Karakteristik inilah yang membuat pemirsa ingin membeli produk yang ditawarkan. Berdasarkan wujudnya.
c.) Iklan Film
Iklan film wujudnya produk film/cinema. Umumnya, jenis iklan yang muncul yaitu iklan property endorsement dan live action yang tampil sebelum film utama diputar (dirilis). Seringnya juga, suatu film ikut mempromosikan film-film lainnya sebelum film utamanya diputar (promo ad).
d.) Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Dalam iklan digital interaktif, dibagi lagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :
  • Website : iklan yang secara keseluruhan berwujud website di semua fitur dalam situs tersebut, yaitu iklan. Terkadang suatu perusahaan juga membuat semua situs perusahaannya menjadi ladang iklan.
  • Banner dan tombol : banner di sini berupa billboard mini yang tersebar di semua halaman web. Sementara itu, button sering berwujud icon ukuran kecil. Keduanya jika diklik akan membawa ke situs dari pengiklan atau halaman yang baru.
  • Sponsorship : iklan yang dibiayai pihak sponsor secara penuh di halam dari pembuat situs.
  • Classified ads : iklan yang berwujud seperti iklan baris dalam koran dan umumnya gratis.
  • E-mail advertising : iklan yang dikirimkan melalui e-mail kepada para customer yang memang meminta. Iklan ini harus dibedakan dengan SPAM. Apa itu SPAM ? SPAM adalah iklan massal di dalam e-mail yang dikirimkan oleh entitas yang tidak diketahui. 
1. Organ pencernaan pada serangga
 
 a. mulut  b.esofagus  c. tembolok  d. empedal  e. empedal  f. usus  g. anus

- Makanan masuk dan dikunyah oleh mulut, kemudian masuk ke tembolok yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Makanan yang disimpan lalu masuk ke empedal (lambung pengunyah), untuk dilumat dan dihancurkan. setelah hancur makanan masuk ke lambung untuk dicerna oleh enzim, lalu masuk ke usus untuk diserap. Sisa-sisa makanan kemudian dibuang melalui anus.


2. Organ pencernaan pada ruminansia (hewan memamah biak)
 a. mulut  b. retikulum  c. omasum  d. abomasum  e. rumen  f. usus halus

Hewan ruminanasia atau sering disebut juga hewan pemamah biak yaitu sekelompok hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang mempunyai dua proses pencernaan makanan. Pertama dengan mengunyak makanan yang sudah dicerna di dalam perutnya kemudian di keluarkan lagi untuk di makan kembali pada proses pencernaan yang kedua. Hal ini memungkinkan hewan ruminanasia dapat mendaatkan sari-sari makanan yang dapat memberikan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan ruminansia. Selai itu hewan ruminansia dibantu mikroorganisme dalam perutnya dalam proses pencernaan.


Pengeluaran kembalai makanan yang telah dicerna sebagian yang disebut cad. keluar dari rumen dan mengunyahnya untuk kedua kalinya disebut cudding. Hewan ruminansia memiliki lambung degan beberapa ruangan. Hewan ruminanasia termasuk dalam subordo Ruminansia dan ordonya adalah artiodaktil atau berkuku belah. Hewan ruminansia memiliki empat lambung, yaitu (rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Selain itu hewan ruminansia juga memamah makanan yang telah dicerna, maka dari itu hewan ruminansia juga disebut hewan pemamah biak. Contoh hewan ruminansia adalah sapi, domba, kambing dan rusa.

3.  Organ pencernaan pada ikan
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus  e. anus

4. Organ pencernaan pada katak dan reptilia
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus halus  e. usus besar  f. kloaka

5. Organ pencernaan pada burung
 a. mulut  b. kerongkongan  c. tembolok  d. lambung  d. empedal  e. usus  f. kloaka

6. Organ pencernaan pada mamalia
 a. mulut  b. kerongkongan  c. lambung  d. usus halus  e. usus besar  f. anus 

 

Salam PENAGURU NUsantara

 

Rangkuman Materi Tema 2 Kelas 5 SD/MI

Rangkuman Materi tema 2 kelas 5 SD. Assalamu ‘alaikum wr wb. Melanjutkan postingan yang kemarin tentang materi kelas 5. Pada kesempatan kali kami akan membagikan rangkuman materi tema 2 kelas 5 sd kurikulum 2013 revisi 2018. Yang mana materi yang kami bahas ini bertemakan Udara Bersih Bagi Kesehatan.

Sebelum kita ke inti pembahasan kali ini, perlu diketahui bahwa pada tema 2 kelas 5 ini terdiri dari 3 subtema, di antaranya: Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih, Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan, dan Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia. Nah, rasanya tak mungkin dari 3 subtema ini kami bahas sekaligus. Tentu saja materi menjadi kurang mendalam dan lengkap. Untuk itu pada postingan ini kami akan menfokuskan pembahasan pada materi kelas 5 tema 2 subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih.

Kisi Kisi Tema 2 Kelas 5 Revisi 2018

Bicara tentang rangkuman materi kelas 5. Tentu tak terlepas dari kompetensi dasar yang ada di setiap muatan pelajaran.  Dalam tema 2 ini terdiri dari beberapa muatan pelajaran, di mana bisa menjadi kisi kisi soal tema 2 kelas 5 sd. Dan berikut ini cakupan materi di tema 2 subtema 1 di antaranya:

a. PPKn membahas membahas tentang hak dan kewajiban  serta tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari hari.

b. Bahasa Indonesia membahas mengenai informasi yang bisa didapat dari buku dengan memperhatikan aspek: apa, siapa, mengapa, kapan, dan bagaiamana.

c. IPA dengan pokok bahasan tentang organ pernapasan hewan dan manusia dan fungsi utamanya.

d. IPS membahas tentang peran ekonomi dalam rangka menyejahterakan kehidupan masyarakat.

e. SBdP membahas tentang memahami tangga nada mayor dan minor.

Rangkuman materi tema 2 kelas 5 SD Kurikulum 2013

Salah satu materi yang dibahas di tema 2 kelas 5 sd ini adalah tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab. Berikut ini contoh rangkuman materi yang bisa kita pelajari untuk memperdalam pemahaman kita akan materi ini.

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melakukan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan bangsa dan bernegara serta pada Tuhan. Dan berikut ini beberapa jenis tanggung jawab setiap individu, antara lain:

a. Tanggung Jawab Terhadap diri sendiri

Beberapa contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri, antara lain:

1. menjaga kebersihan diri

2. menjaga kesehatan diri

3. menjauhkan diri dari pengaruh rokok, minuman keras dan narkoba

4. belajar dengan rajin dan sungguh sungguh

b. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga

Beberapa contoh tanggung jawab seseorang terhadap keluarga, antara lain:

1. menghormati kedua orang tua

2. patuh terhadap nasihat orang tua

3. menyayangi saudara kita, baik adik maupun kakak

4. menjaga nama baik keluarga

5. menjaga kebersihan lingkungan rumah

6. membantu orang tua mengerjakan pekerjan rumah sesuai dengan kemampuan

c. Tanggung Jawab siswa terhadap Sekolah

Beberapa contoh bentuk tanggung jawab seseorang atau siswa terhadap sekolah, antara lain:

1. mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah

2. menjaga ketertiban di sekolah

3. menjaga kebersihan sekolah

4. menghormati guru

5. mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru

6. menjaga kerukunan dengan teman di sekolah

d. Tanggung Jawab terhadap masyarakat

Adapun contoh tanggung jawab terhadap masyarakat, antara lain:

1. Aktif mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat, seperti kerjabakti, ronda malam, dan kegiatan lainnya.

2. menjaga nama baik desa/masyarakat

3. menjaga kerukunan antar sesama di lingkungan masyarakat

4. menghormati sesama di lingkungan masyarakat

e. Tanggung Jawab terhadap bangsa dan negara

Berikut ini contoh bentuk tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, antara lain:

1. memahami dan mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari hari

2. menjaga nama baik bangsa dan negara di mata dunia internasional

3. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dengan menghindari sikap diskriminasi antar sesama

4. membina solidaritas sosial sebagai warga negara.

5. membayar pajak tepat waktu.

6. menanati hukum dan peraturan yang berlaku.

f. Tanggung Jawab terhadap Tuhan

Adapun contoh contoh bentuk tanggung jawab seseorang terhadap tuhan antara lain;

1. menjalankan perintah dan menjauhi semua laranganNya

2. Menjalankan ibadah dengan tepat waktu dan khusuk

3. menyayangi sesama dilandasi dengan iman pada Tuhan

Materi bahasa Indonesia Kelas 5

Beberapa kata tanya yang wajib kita ketahui, di antaranya:

1. Kata tanya Apa berguna untuk menanyakan sesuatu, benda, perbuatan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan isi bacaan atau pembahasan.

2. Siapa, kata tanya siapa berguna untuk menanyakan nama seseorang atau pihak yang terlibat.

3. Kata tanya kapan, berguna untuk menanyakan waktu terjadinya sesutu atau peristiwa.

4. Kata tanya Bagaimana, dipergunakan untuk menanyakan keadaan atau proses pengerjaan sesuatu.

5. Berapa, merupakan kata tanya untuk menanyakan jumlah, harga atau banyak sesuatu barang atau benda.

6. Kata tanya mengapa, berguna untuk menanyakan alasan sesuatu peristiwa yang terjadi.

7. Kata tanya dimana dan kemana, digunakan untuk menanyakan tempat dan tujuan dari suatu lokasi.

Muatan IPA kelas 5 SD tema 2

Untuk materi IPA di tema 2 kelas 5 sd ini membahas tentang alat pernapasan pada hewan dan manusia. Untuk alat pernapasan pada hewan mamalia hingga invertebrata sudah kami bahas secara lengkap dipostingan sebelumnya. Apabila sahabat pena pengajar belum sempat membacanya bisa membaca dan mempelajari pada tautan di bawah ini.

Jenis Jenis Usaha Perekonomian di Masyarakat Indonesia

Berbagai macam jenis jenis usaha ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dan berikut ini beberapa jenis usaha perekonomian di Indonesia

A. Pertanian atau Agraris

Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. sehingga negara Indonesia disebut sebagai negara agraris. Kegiatan pertanian ini bisaa dilakukan di persawahan, ladang, dan juga perkebunan.

Beberapa jenis tanaman hasil pertanian persawahan antara lain; padi, palawija, dan holtikultura. Sedangkan pertanian perkebunan menghasilkan tanaman tebu, tembaka, karet, rosela, kelapa sawit, teh, karet, lada dan kayu cendana.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian, antara lain:

1. Identifikasi Pertanian, adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara panca usaha tani. Panca usaha tani tersebut meliputi:

a. pengolahan tanah dengan baik

b. pemilihan bibit unggul

c. pengairan yang teratur

d. pemakaian pupuk yang seimbang sesuai dosis

e. pemberantasan hama pengganggu

Baca juga : rangkuman materi tema 2 kelas 5 sd kurikulum 2013 revisi 2018.

2. Diversifikasi Pertanian, merupakan usaha meningkatkan hasil pertanian dengan memperbanyak jenis tanaman pada lahan pertanian. Contohnya dengan sistem tumpang sari dan mina padi.

3. Ekstensifikasi pertanian, adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan pertanian.

4. Rehabilitasi pertanian, adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperbarui cara cara pertanian atau dengan mengganti dengan tanaman yang lebih produktif.

B. Peternakan 

Peternakan adalah usaha ekonomi yang berupa budidaya hewan ternak. Jenis jenis peternakan yang ada di Indonesia, antara lain:

1. Peternakan hewan besar : menghasilkan sapi, kerbau dan kuda.

2. Peternakan hewan kecil : menghasilkan kambing, domba, kelinci.

3. peternakan unggas ; ayam, itik, mentok, angsa dan burung.

C. Perikanan

Secara umum usaha perikanan di Indonesia dibedakan menjadi 2 macam, yaitu perikanan darat dan perikanan laut.

1. Perikanan darat, adalah usaha memelihara ikan dan menangkap ikan di perairan daratan, contoh perikanan darat meliputi:

a. perikanan air tawar: yang dihasilakan antara lain: ikan gurame, ikan nila, ikan mujair dan ikan lele.

b. perikanan air payau: yang dihasilkan antara lain; bandeng, lobter dan udang.

2. Perikanan laut, adalah usaha menangkap ikan di laut dan di pantai. hasil yang didapatkan berupa, berbagai jenis ikan laut, kerang, rumput laut dan mutiara.

D. Kehutanan

Selain hutan sebagai paru paru dunia, hutan juga bisa menghasilakn barang baku untuk produksi. Berbagai jenis hasil dari hutan antara lain: kayu jati, meranti, ulin, damar dan rotan.

E. Perdangangan

Kegiatan perdagangan adalah usaha menyediakan barang kebutuhan manusia. Kegiatan perdangan ini ini dapat dilakukan antar daerah, bahkan antar negara yang lebih dikenal dengan kegiatan ekspor dan impor.

F. Industri

Kegiatan industri adalah kegiatan mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Usaha Industri ini dibedakan bisa dilakukan secara perorangan atau pun kelompok.

Berikut ini beberapa jenis industri yang wajib kita ketahui;

1. Industri rumah tangga

2. Industri sedang dan

3. Industri besar.

G. Pertambangan

Barang tambangan hasil kegitan tambang dapat dikelompokan menjadi 3 macam, antara lain:

1. Barang tambang mineral logam, antara lain: emas, perak, timah, besi, baja dan nikel.

2. Tambang mineral non logam, antara lain: belerang, gypsum, marmer, batu kapur, pasir.

3. Barang tambang sumber energi, yakni berupa minyak bumi, gas alam dan batu bara.

Tangga Nada Mayor

Tangga nada mayor memiliki interval 1 – 1 -1/2 – 1  – 1 – 1 – 1/2.

Ciri ciri lagu dengan tangga nada mayor antara lain:

a. bersifat semangat, riang gembira.

b. biasanya di awali dan diakhiri dngan nada do.

Untuk lebih mendalami materi tema 2 kelas 5 kurikulum 2013 revisi terbaru ini bisa mencoba mengerjakan soal tema 2 kelas 5 revisi terbaru ini.

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca postingan kami tentang rangkuman materi tema 2 kelas 5 sd.

Salam PENAGURU NUsantara

 

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1

Untuk membantu peserta didik dalam mempelajari materi kelas 5 Tema 1 Subtema 1 yang terdapat dalam Buku Tema 1 Organ Gerak Manusia dan Hewan Edisi Revisi 2017, berikut ini kami berikan Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 1 Subtema 1.

Kompetensi Dasar Kelas 5 Tema 1 Subtema 1

IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

PPKn
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

SBdP
3.1 Memahami gambar cerita.

Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. 

Rangkuman Materi IPA Kelas 5 Tema 1 Subtema 1

  • Ciri makhluk hidup adalah bergerak.
  • Bergerak adalah berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh.
  • Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.
  • Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.
  • Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.
  • Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
  • Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.
  • Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.
  • Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.
  • Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.
  • Fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.
  • Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.
  • Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun.
  • Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air.
  • Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan.
  • Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang.
  • Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.
  • Karakteristik Kelinci: a. vertebrata b. gerakannya lincah dan cepat c. berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat.
  • Karakteristik siput: a. avertebrata b. gerakannya lambat c. berpindah tempat seolah-olah merayap.
  • Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.
  • Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator.
  • Serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.
  • Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Tema 1 Subtema 1

Mencari Ide Pokok
  • Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.
  • Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
  • Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.

Rangkuman Materi SBdP Kelas 5 Tema 1 Subtema 1

Langkah-Langkah Membuat Gambar Ilustrasi
  1. Gagasan. Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.
  2. Sketsa. Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.
  3. Pewarnaan. Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri. Kamu dapat menggunakan cat air, cat minyak, pensil warna, spidol, dan lain-lain.
Media Untuk Menggambar

(1) Media Alas Gambar
Media alas merupakan media atau tempat untuk menuangkan gambar. Kamu dapat menggunakan kanvas, kain, kertas, atau bahkan kaca dan komputer. Media ini juga berpengaruh pada pemilihan media pewarna yang digunakan. Selain itu juga berpengaruh pada awet dan tidaknya hasil gambar pada saat disimpan.
(2) Media Pewarna
  • Pensil Warna Jenis pensil ini banyak mengandung lilin. Pilihan warnanya pun banyak sekali.
  • Cat air Cat air adalah pewarna yang terlebih dahulu dicampur dengan air sebelum dipergunakan. Ada dua macam cat air, yakni transparan dan tidak transparan.
Corak Gambar Cerita
  1. Realis merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya.
  2. Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya.  Gambar karikatur menyajikan objek dengan karakter yang lucu dan aneh.
  3. Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.
  4. Dekoratif adalah gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.

Rangkuman Materi PPKn Kelas 5 Tema 1 Subtema 1

Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
  1. Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya.
  2. Saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda.
  3. Tidak boleh memaksakan suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain.
  4. Saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.
Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  1. Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak.
  2. Mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia.
  3. Sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  5. Berani menegakkan kebenaran dan keadilan. 
Nilai Persatuan Indonesia
Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia.
  1. Sikap cinta tanah air
  2. Rela berkorban demi bangsa dan negara,
  3. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.
Nilai Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
  1. mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, 
  2. tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, 
  3. mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan.
Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
  1.  Bekerja keras
  2.  Menghargai hasil kerja keras orang lain
  3. Adil terhadap sesama, 
  4. Menghormati hak orang lain, 
  5. Menolong dan menghargai orang lain.

Sikap yang sesuai dengan sila 1
  1. tidak memaksakan agama kepada orang lain,
  2. rajin beribadah,
  3. memberikan kesempatan kepada orang lain untuk beribadah dan merayakan hari besar keagamaan.
Sikap yang sesuai dengan sila 2
  1. tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul,
  2. saling mambantu dan menolong antarsesama,
  3. menjengguk orang sakit.
Sikap yang sesuai dengan sila 3
  1. gotong royong,
  2. kerja bakti,
  3. mempelajari kesenian dari daerah lain.
Sikap yang sesuai dengan sila 4
  1. musyawarah mufakat,
  2. menghargai pendapat orang lain,
  3. tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain.
Sikap yang sesuai dengan sila 5
  1. menghukum kepada para pelanggar hukum meskipun kepada seorang pejabat.

Rangkuman Materi IPS Kelas 5 Tema 1 Subtema 1

  • Kondisi geografis Indonesia adalah negara maritim dan kepulauan. Jajaran pulau-pulaunya terbentang dari Sabang sampai Merauke yang disatukan oleh laut.
  • Keadaan alam bangsa indonesia sangat beragam dan bervariasi, mulai dari laut, pantai, dataran rendah, lembah, bukit, hutan, pegunungan, sampai gunung. Selain itu juga sangat bervariasi, mulai dari yang curah hujan rendah sampai dengan curah hujannya sangat tinggi.
  • Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 5.455.675 km persegi dan 3.544.744 km persegi di antaranya atau 2/3 wilayahnya adalah lautan.
  • Indonesia berada di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
  • Letak geografis indonesia juga berbatasan dengan negara-negara lainnya seperti berikut: Sebelah Utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina. Sebelah Selatan, Indonesia berbatasan dengan Australia. Sebelah Barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia. Sebelah Timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini.
  • Secara letak astronomis, Indonesia berada di 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).
  • Pulau Sumatra merupakan pulau terluas ke lima di dunia. Merupakan wilayah perairan sehingga banyak terdapat daerah rawa. Di wilayah timur terdapat banyak sungai besar seperti sungai Musi, Batanghari, Asahan, Inderagiri, dan lain-lain. Adapun di wilayah barat sampai selatan membentang bukit barisan. Di Sumatra banyak terdapat gunung berapi aktif, seperti Marapi, Talang, Sinabung, dan lain-lain.
  • Pulau Jawa merupakan wilayah terluas ke lima di Indonesia dan merupakan pulau terbesar ke 13 di dunia. Pulau yang relatif muda dan sebagaian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik dengan deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat dengan endapan aluvia sungai. Oleh karena itu, sebagian besar tanah di Pulau Jawa dalah tanah yang subur.
  • Kondisi geografis Pulau Kalimantan, wilayah Kalimantan didominasi oleh hutan hujan tropis yang kaya akan pohon berkayu besar. Di Kalimantan bagian selatan terdiri atas dataran rendah, pantai, rawa, perbukitan, dan pegunungan. Di bagian tengah terdapat Pegunungan Maratus yang membujur dari utara hingga selatan. Di bagian timur terdapat daerah berbukit yang ditumbuhi oleh hutan primer, hutan sekunder, semak belukar, dan padang ilalang. Di bagian barat, dataran rendah yang terdiri atas rawa monoton, rawa banjir, rawa pasang surut, dan daerah aluvial. Pada daerah ini ditumbuhi hutan bakau, hutan rawa, dan lahan dengan berbagai jenis rawa.
  • Kondisi geografis Pulau Sulawesi, wilayah ini merupakan daerah yang terjal dan berbukit-bukit sehingga memungkinkan untuk memiliki sungai-sungai yang terjal dan pendek karena terbatasi oleh bukit-bukit tersebut. Di Sulawesi banyak terdapat palung laut dan basin sehingga basin-basin tersebut membentuk seperti Selat Makasar, Laut Flores, dan Laut Banda. Di Sulawesi terdapat 41 gunung. Sebagian besar wilayah Sulawesi merupakan daerah vulkanik.
  • Kondisi geografis Pulau Papua. Pulau Papua adalah pulau yang terletak di utara Australia dan merupakan bagian dari wilayah Indonesia Timur. Pulau Papua juga merupakan pulau terbesar di Indonesia dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia setelah Pulau Greenland. Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara. Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus karena terdiri dari lembah-lembah yang curam dan pegunungan tinggi. Bahkan puncak tertinggi di Indonesia berada di Papua, yakni puncak Jayawijaya yang sebagian puncaknya ditutupi salju.
  • Kondisi geografis pulau Nuasa Tenggara. Keadaan goegrafis Nusa Tenggara Barat dan Timur berbukit-bukit dengan daratan tersebar secara sporadik pada gugusan yang sempit. Pada pulau yang dominan, permukaanya berbukit dan bergunung-gunung, diapit daratan tinggi atau perbukitan dengan kondisi kemiringan tanah yang curam. Dengan kondisi yang demikian, lahan untuk pertanian sangat terbatas, baik pertanian basah ataupun kering.

Salam PENAGURU NUsantara

Testimoni Workshop Pembuatan Blog Untuk Pembelajaran di Masa Pandemi

 

 
Assalamualaikum Wr. Wb.
 
Perkenakan saya ingin menyampaikan testimoni dan merekomendasikan kegiatan yang diselenggarakan oleh IGI Kabupaten Jombang yaitu tentang Pelatihan dan Bimbingan Teknis Secara Daring dengan tema Pemanfaatan Website Pribadi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan secara GRATIS. 
 
Selama 5 hari mengikuti kegiatan pelatihan ini, Sangat luar biasa! 
Materi yang di sampaikan di kemas dengan keep it simple
Pada awalnya saya kurang mengerti mengenai pembuatan Blog dan dengan penjelasan yang mendetail serta praktek langsung, saya bisa mempelajari hal2 baru dengan lebih cepat. 
 
Materi cukup berbobot dan panduannya cukup jelas. Seluruh presenter dan crew sangat ramah dan siap membantu kapanpun saya mengalami kesulitan. Service yang diberikan sangat memuaskan. Cara penyampaian kepada peserta jg cukup bagus karena disertai praktek langsung dan penjelasan yg cukup detail sehingga saya tidak terlalu sulit untuk menyerap ilmu yang diberikan oleh presenter. 

Materi yang disampaikan diantaranya adalah:
1. Dinamika pendidikan di Indonesia di masa Covid-19.
2. Pengenalan website pribadi (blog) sebagai sarana belajar siswa.
3. Pembuatan websitr pribadi dengan blogger.
4. Mempercantik tampilan blog dengan custom template.
5. Menambahkan halaman baru dan widget di blog.
6. Membuat postingan materi pembelajaran (insert gambar/video dan menambahkan link dowmload di blog).
7. Menambahkan soal evaluasi pembelajaran di blog.
8. Mem-publish blog yang dibuat.

Alhamdulillah, saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru tentang bagaimana membuat blog, mengatur tema atau tampilan blog, membuat halaman, membuat postingan, memberi label di blog pembelajaran, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Silakan berkunjung ke blog saya, berikut alamat surelnya: https://abdulmoenir.blogspot.com  

Semoga blog saya ini bermanfaat untuk para peserta didik khususnya dan untuk para  pembelajar di seluruh NUsantara pada umumnya.

Jika anda ingin belajar membuat blog seperti saya, silakan menghubungi saya. Bisa dilihat kontak saya di halaman "Tentang Saya". 

Terima kasih kepada Pengurus dan panitia IGI Jombang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini , 2 narasumber yang sabar dan telaten membimbing kami (Pak Chabib dan Pak Andik), serta seluruh peserta pelatihan ini bapak/ibu guru hebat dan penuh semangat.

Selamat Hari Guru Nasional 2020.
Salam PENAGURU NUsantara,
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada pembelajaran

 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada pembelajaran

Setelah Ujian Nasional (UN) ditiadakan pada tahun 2020 karena adanya pandemi COVID-19, pemerintah melalui kemendikbud kembali meniadakan UN di tahun 2021 dan menggantinya dengan Asesmen Nasional yang salah satu bagiannya adalah Asesmen Kompetensi Minimum. Pertanyaanpun bermunculan? Apa bedanya UN dengan Asesmen Nasional? Apa saja yang dinilai dalam Asesmen Nasional? Hingga pertanyaan paling mendasar “Apa itu Asesmen Nasional?” Well, aku akan mencoba membahasnya satu per satu dalam artikel kali ini. Aku harap artikel ini dapat memberikan informasi yang kalian butuhkan dan selamat menikmati. 

Berkenalan dengan Asesmen Nasional

Oke, jadi apa sih Asesmen Nasional itu? 

Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan untuk seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang mulai dari tingkat dasar sampai tingkat menengah. Asesmen Nasional sendiri terdiri dari tiga bagian sebagai berikut ini: 
  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Yang pertama adalah AKM. AKM ini dirancang untuk mengukur hasil belajar kognitif (literasi dan numerasi) peserta didik. Literasi dan numerasi itu apa sih? Kemampuan literasi di sini erat kaitannya sama kemampuan kita dalam memahami suatu informasi dari bacaan. Sedangkan untuk numerasi sendiri berkaitan dengan kemampuan mencerna informasi dalam bentuk angka atau kuantitatif. 

  • Survei Karakter

Bagian kedua adalah survei karakter. Kalau AKM digunakan untuk menguji kemampuan kognitif siswa dalam bidang literasi dan numerasi, survei karakter ini dirancang untuk mengukur capaian belajar siswa dalam bidang sosial emosional berupa pilar karakter dengan tujuan untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila.

  • Survei Lingkungan Belajar

Bagian ketiga atau terakhir adalah survei lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. 

Jika sebelumnya ujian akhir digunakan untuk menguji hasil belajar siswa sebagai syarat kelulusan, Asesmen Nasional boleh dibilang melakukan pengujian secara lebih luas. Hal ini dilakukan dengan tujuan melakukan pemetaan dasar dari kualitas pendidikan yang nyata ada di lapangan. Sebagaimana dikatakan oleh Mendikbud Nadiem Makarim “Hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekuensinya buat sekolah, hanya pemetaan agar tahu kondisi sebenarnya.”

Enggak sebatas melakukan pemetaan saja loh gaes. Kemendikbud juga akan membantu sekolah dan dinas pendidikan daerah dengan cara menyediakan laporan hasil asesmen yang berisi penjelasan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dan daerah.

Terus, Apa Bedanya Asesmen Nasional Sama Ujian Nasional?

Nah sekarang kita bahas nih apa aja yang berbeda antara UN sama Asesmen Nasional. Jadi, ada beberapa perbedaan nih yang perlu kalian ketahui. Aku akan bahas satu per satu ya. Yuk mari!

  • Metode asesmen

Perbedaan pertamanya ada di metode asesmen nih gaes. Kalau UN diujikan menggunakan fixed test atau satu set soal untuk semua peserta. Di AKM, soal yang diujikan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Bentuk ujiannya pun berbeda, di AKM, soal yang diujikan tidak hanya pilihan ganda melainkan juga pilihan ganda kompleks (jawaban benar lebih dari satu), isian singkat, sampai dengan soal berbentuk esai. 

  • Hal yang diukur 

Kalau di UN, yang diukur dalam ujian adalah capaian pada kompetensi kurikulum berdasarkan penguasaan materi dalam mata pelajaran. Di Asesmen Nasional, yang diukur adalah kompetensi siswa pada literasi dan numerasi, karakter siswa, dan gambaran lingkungan belajar. 

  • Peserta tes

Nah ini yang menarik. Di ujian-ujian akhir sebelumnya, peserta ujian akhir adalah siswa kelas 12 SMA dan 9 SMP. Hal berbeda terjadi di Asesmen Nasional 2021 di mana pesertanya diambil secara acak dari kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA. Jadi, tidak semua siswa akan menjadi peserta nantinya. Kebijakan ini dibuat dengan tujuan supaya siswa yang menjadi peserta Asesmen Nasional 2021 dapat merasakan perbaikan pembelajaran setelah adanya asesmen. Selain itu, kebijakan ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran dampak dari proses pembelajaran yang dilakukan di setiap satuan pendidikan.

Eits, kan biasanya ujian akhir ditujukan buat kelas 12 nih. Setelah ujian mereka akan mendapatkan ijazah yang berisi nilai. Ijazah tadi bisa dijadikan bekal untuk melamar pekerjaan, daftar beasiswa, dan buat bekal mendaftar kuliah di luar negeri. Nah, kan Asesmen Nasional ini kan untuk tahun 2021 pesertanya adalah kelas 5,8, dan 11 nih. Terus gimana dong nasib kelas 12 yang mau kerja atau kuliah di luar negeri setelah lulus? 

Tenang, untuk kelas 12 yang membutuhkan nilai kompetensi untuk melanjutkan tahap setelah SMA, kalian bisa mendaftarkan diri dan mengikuti Asesmen Nasional 2021!

  • Pelaporan hasil tes

Perbedaan antara UN dengan Asesmen Nasional selanjutnya ada pada pelaporan hasil tes. Jika di UN yang menjadi pelaporan hasil tes adalah nilai tiap siswa, nilai agregat tiap sekolah, dan nilai agregat per wilayah, berbeda dengan Asesmen Nasional. Di Asesmen Nasional, yang menjadi pelaporan hasil tes adalah nilai agregat tiap sekolah dan nilai agregat per wilayah.

  • Tujuan tes

Perbedaan selanjutnya ada pada tujuan tes. Kalau UN, tujuan tesnya adalah pemetaan dan perbaikan pembelajaran. Sedangkan untuk Asesmen Nasional, tujuan tesnya adalah perbaikan pembelajaran serta peningkatan lingkungan belajar yang kondusif. 

Oke itu tadi pembahasan singkat mengenai apa itu Asesmen Nasional yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Mudah-mudahan dengan adanya perubahan ini pendidikan di Indonesia bisa lebih maju ya gaes. 

Bagi yang membutuhkan file lengkap tentang AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran silahkan klik link download