Sabtu, 01 Januari 2022

Kegiatan PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) MI NU 49 Harjodowo 2021

Kegiatan PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) MI NU 49 Harjodowo

    Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.                     Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana dalam Petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, bahwa penilaian kinerja kepala madrasah dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Lima komponen itu meliputi :

  1. Usaha Pengembangan Madrasah;
  2. Pelaksanaan Tugas Manajerial;
  3. Pengembangan Kewirausahaan;
  4. Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan;
  5. Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali.

PKKM pada MI NU 49 Harjodowo tahun ini dilaksanakan  pada hari Kamis (30 Desember 2021) bertempat di ruang Kelas 5. Sambutan disampaikan oleh Kepala Madrasah, dengan ucapan selamat datang dan permohonan arahan dari Tim Penilai PKKM yang ditugaskan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal,  yaitu dari Pengawas madrasah kecamatan Sukorejo bapak Drs.H. Sutrisno dan Pengawas madrasah kecamatan Plantungan bapak H. Nur Fathoni, S.Pd.I.                                                    Apresiasi disampaikan oleh Pengawas madrasah kecamatan Sukorejo bahwa berkas atau dokumen yang sudah dipersiapkan oleh madrasah ini merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan madrasah, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi.

Disampaikan pula dari pengawas kecamatan Plantungan Bapak H. Nur Fathoni, S.Pd.I tentang Instrumen Akreditasi yang mengacu kepada SNP dan EDM yang dibuat lebih sederhana dengan sebutan 5 Budaya Mutu yang diawali dengan Kedisiplinan Warga Madrasah, Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan, Penyiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran, Penyediaan Sarana Pembelajaran dan Penggunaannya, serta Penyusunan dan Pengelolaan Anggaran.

Selanjutnya Nur Fathoni menyampaikan bahwa pengembangan madrasah yang kreatif dan inovatif dapat mengembangkan potensi dari peserta didik dimana pengembangan madrasah terdapat dalam kurikulum yang disesuaikan dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Adapun MI NU 49 Harjodowo merupakan salah satu madrasah yang berinovasi melaksanakan penyelenggaraan madrasah berkeunggulan Tahfidz.

Dilanjutkan arahan dari bapak pengawas,  tentang program pelaksanaan productinputoutput dan outcome/lulusan) serta sehat lahir batin.

Dewan guru MI NU 49 Harjodowo bersama Tim Penilai PKKM

Rabu, 17 November 2021

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) MI NU 49 Harjodowo 2021

Assesment kompetensi Madrasah Indonesia (fotografer mas Arja)

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) MI NU 49 Harjodowo 2021

Assesment Kompetensi Madrasah (AKMI) di MI NU 49 Harjodowo, Alhamdulillah sudah selesai dan berjalan dengan lancar, Kegiatan ini di ikuti oleh siswa tingkat 5 di tahun pelajaranp 2021/2022 dan berlangsung 2 hari dari tanggal 13 & 15 November 2021.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) menjadi bentuk evaluasi baru di bidang pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam. Bapak Khaerul Anam, S.Pd selaku Kepala Madrasah MI NU 49 Harjodowo mengatakan, Kegiatan AKMI ini sangat penting dilaksanakan dengan tujuan mendiagnosa kelebihan dan kekurangan pada mutu madrasah. Sehingga dengan adanya AKMI 2021 ini kita bisa mendiagnosa penyakit yang ada dan bisa memberikan obat yang tepat untuk penyembuhannya. AKMI ini juga bertujuan untuk meningkat mutu madrasah dan kompetensi peserta didik di madrasah.  Bentuk diagnosanya menggunakan soal dengan 4 literasi yang di ujikan yaitu literasi membaca, literasi sains, literasi numerasi dan literasi sosial budaya serta survey karakter. 

Instrumen AKMI terdiri atas Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Litarasi Sosial Budaya.

1. Literasi Numerasi

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.

2. Literasi Membaca

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat

3. Literasi Sains

Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi manusia dan lingkungan.

4. Literasi Sosial Budaya

Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, termasuk kemampuan untuk menerima dan beradaptasi, serta bersikap secara bijaksana atas keberagaman

Bentuk Soal AKMI

Soal AKMI terdiri dari beberapa bentuk, yaitu sebagai berikut.

1. Pilihan Ganda.

2. Pilihan Ganda Kompleks (kemungkinan jawaban benar lebih dari satu).

3. Menjodohkan.

4. Isian Singkat.


Jumat, 22 Oktober 2021

MI NU 49 HARJODOWO LAUNCHING PROGRAM TAHFIDZ

MI NU 49 Harjodowo Launching 

Program Tahfidz


Penyerahan Al-qur'an sebagai simbol awal 
pelaksanaan program Tahfidz

Meskipun masih menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) para siswa Madrasah tetap bisa mengembangkan potensi mereka di bidang agama. Melalui program tahfidz Alquran, para siswa MI NU 49 Harjodowo diharapkan bisa menghafal satu juz.

Kepala Madrasah MI NU 49 Harjodowo  menerangkan, program tahfidz ini merupakan salah satu sarana untuk membangun pendidikan karakter yang bernuansa Islami yang akan membentuk generasi yang tidak hanya cerdas saja, tapi juga mengetahui dasar-dasar agama. “Selain itu program ini juga akan memunculkan penghafal-penghafal Al-Qur'an yang insya Allah akan melahirkan-ilmuwan dan ulama-ulama hebat sehingga akan menjadi panutan dan memiliki martabat yang baik di masyarakat” katanya. “Program tahfidz ini menjadi program unggulan di madrasah ini. Dengan metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan diharapkan membuat siswa senang mengikuti pembelajaran dan target siswa lulus bisa hapal minimal 1 juz,” kata Khaerul Anam,S.Pd saat launching Program Tahfidz di MI NU 49 Harjodowo, Jum'at (22/10).

Saat mengikuti program tahfidz, pengajar menggunakan metode dasar pengembangan dan menggunakan variasi agar anak-anak tidak jenuh dan bosan. Sehingga siswa merasa terhibur saat menghafal, siswa diajak bermain tapi sebenarnya sedang menghafal ayat Alquran. Anam mengatakan, dengan program tahfidz ini, selain mengajak siswa mendalami agama juga bisa berdampak pada kegiatan akademis lainnya. Hal ini juga sudah dibuktikan, tiap hari menghapal, otomatis konsentrasi anak menjadi sebuah karakter atau kebiasaan. “Jika sudah terbiasa serius menghadapi sesuatu, juga berdampak pada kegiatan lain termasuk saat belajar. Siswa bisa lebih konsentrasi dan berprestasi dalam bidang akademik dan kegiatan ekstra lainnya,” terang Anam.

Sementara itu Ketua syuriah NU Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal KH. Ibadi mengharapkan dalam belajar Al-Qur'an tidak boleh ditekan dan kilat butuh kesabaran. Menurutnya, Alqur'an itu perlu di ngaji, maknai dan amalkan. 

Sementara itu Pengawas Madrasah dari Kementerian Agama  Kabupaten Kendal Drs. H. Sutrisno mengapresiasi program tahfidz yang dilakukan MI NU 49 Harjodowo. Menurut Sutrisno, ada hikmah dibalik pandemi Covid-19. Salah satunya yakni program tahfidz yang merupakan inovasi dari MI NU 49 Harjodowo. Selama ini Kementerian Agama RI lewat KMA 184 Tahun 2019 telah memberikan keleluasaan kepada semua madrasah agar bisa mengembangkan madrasah mereka masing-masing. “Madrasah punya program pengembangan unggulan madrasah, salah satunya ya dengan cara inovasi yang harus dilakukan. Hal ini juga menjadi program mandatori kami,” ungkap Sutrisno.

Jumat, 24 September 2021

PANTANG MENYERAH


Seekor kuda terperosok ke dalam sumur yang sudah kering. Krn sudah tdk mungkin menolong kuda tersebut, maka orang2 di kampung memutuskan untuk menutup sumur itu. 

Mereka ingin mengubur kuda itu hidup2 supaya bangkainya tdk mengganggu & agar kejadian serupa tidak terulang kembali Merekapun bergotong royong mengangkut tanah dan memasukkannya ke dalam sumur. Lalu, apa yang terjadi? 

Setiap ada tanah yang mengena punggungnya, kuda itu selalu membuangnya ke bawah lalu memindahkan kakinya ke atas tanah tersebut.

Semakin tinggi tanah menutupi sumur, maka semakin tinggi pula posisi kuda itu. Sehingga akhirnya ia bisa keluar dari sumur dengan selamat.

Pesan Moral Ke 1: Begitulah gambaran kita dalam hidup ini. Ketika perjalanan hidup melemparkan beban dan masalah ke punggung kita, maka kesampingkanlah lalu berdirilah dengan kokoh di atasnya, maka suatu saat nanti semua itu akan menaikkan posisi kita ke puncak.

Pesan Moral Ke 2: Ketika orang-orang meremehkanmu, menghinamu bahkan berusaha menjatuhkanmu... mencelakaimu... justru upaya itu berbalik memberi keberuntungan kepadamu yang terus berjuang, bertahan & pantang menyerah.

Pesan moral ke 3: Pertolongan Tuhan itu kadang datang dari hal hal yang tidak kita duga, bahkan cobaan dan masalah hidup bisa jadi adalah cara Tuhan mau menolong kita.

Sabtu, 07 Agustus 2021

KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM, HARI 'ASYURO & HARI TASU'A ✓ PUASA 'ASYURO

 ┏💕🌿━━━━━━━━━━━┓

 📚    NGAJ


KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM, HARI 'ASYURO & HARI TASU'A

✓ PUASA 'ASYURO

(و) الثَّانِي صَوْم يَوْم (عَاشُورَاء) وَهُوَ عَاشر الْمحرم لِأَنَّهُ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم سُئِلَ عَنهُ فَقَالَ يكفر السّنة الْمَاضِيَة

وَإِنَّمَا كَانَ صَوْم عَرَفَة بِسنتَيْنِ وعاشوراء بِسنة لِأَن الأول يَوْم نَبينَا صلى الله عَلَيْهِ وَسلم وَالثَّانِي يَوْم غَيره من الْأَنْبِيَاء وَنَبِينَا صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أفضل الْأَنْبِيَاء فَكَانَ يَوْمه بِسنتَيْنِ وَلِأَن المزية لَا تَقْتَضِي الْفَضِيلَة

Dan yang ke dua adalah puasa ‘ASYURO, yaitu hari ke sepuluh bulan Muharrom. Rosululloh SAW. Pernah ditanya perihal itu, dan beliau menjawab: “(puasa ‘asyuro) menjadi kifarat (dosa) satu tahun yang telah lalu”...

Adapun puasa ‘arofah (9 dzulhijjah) mengkifarati (dosa) untuk dua tahun (satu tahun ke belakang dan satu tahun ke depan), sementara puasa ‘asyuro mengkifarati untuk satu tahun kebelakang saja, itu karena puasa ‘arofah adalah hari Nabi kita Muhammad SAW., sementara puasa ‘asyuro adalah hari para Nabi AS. selain Nabi Muhammad SAW. Dimana Nabi kita Muhammad SAW. adalah afdlolul anbiya, (dengan keunggulan itu) maka harinya (‘arofah) sebanding untuk dua tahun. (dan juga kenapa puasa ‘arofah punya nilai lebih daripada puasa ‘asyuro yang notabene puasa ‘asyuro memiliki beberapa kelebihan menyangkut kisah para Nabi) karena kelebihan (pada diri para Nabi) tidak menuntut (berimplikasi) kepada kefadlihan (yang bisa mengalahkan kefadlihan Nabi Muhammad SAW).

وَحكي أَن نوحًا عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام لما اسْتَقَرَّتْ بِهِ السَّفِينَة يَوْم عَاشُورَاء قَالَ لمن مَعَه اجْمَعُوا مَا بَقِي مَعكُمْ من الزَّاد فجَاء هَذَا بكف من الباقلاء وَهُوَ الفول وَهَذَا بكف من العدس وَهَذَا بأرز وَهَذَا بشعير وَهَذَا بحنطة فَقَالَ اطبخوه جَمِيعًا فقد هنئتم بالسلامة فَمن ذَلِك اتخذ الْمُسلمُونَ طَعَام الْحُبُوب وَكَانَ ذَلِك أول طَعَام طبخ على وَجه الأَرْض بعد الطوفان وَاتخذ ذَلِك عَادَة فِي يَوْم عَاشُورَاء

Dihikayatkan, bahwa tatkala perahu Nabi Nuh AS. sudah berlabuh (siap digunakan) pada hari ‘asyuro, beliau berkata kepada kaumnya: “kumpulkanlah semua perbekalan yang ada pada diri kalian!”. Lalu beliau menghampiri (mereka) dan berkata: “(ambillah) kacang fuul (semacam kedelai) ini sekepal, dan ‘adas (biji-bijian) ini sekepal, dan ini dengan beras, dan ini dengan gandum dan ini dengan jelai (sejenis tumbuhan yang bijinya/buahnya keras dibuat tasbih)”. Kemudian Nabi Nuh berkata: “pasaklah semua itu oleh kalian!, niscaya kalian akan senang dalam keadaan selamat”. Dari peristiwa ini maka kaum muslimin (terbiasa) memasak biji-bijian. Dan kejadian di atas merupakan praktik memasak yang pertama kali terjadi di atas muka bumi setelah kejadian topan. Dan juga peristiwa itu dijadikan (inspirasi) sebagai kebiasan setiap hari ‘asyuro.

وللحافظ ابْن حجر شعر من الرجزفِي الْحُبُوب الَّتِي طبخها نوح عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام: فِي يَوْم عَاشُورَاء سبع تهترس *بر شعير ثمَّ ماش وعدس وحمص ولوبيا والفول * هَذَا هُوَ الصيح وَالْمَنْقُول

وَنقل عَن بعض الأفاضل أَن الْأَعْمَال فِي يَوْم عَاشُورَاء اثْنَا عشر عملا الصَّلَاة وَالْأولَى أَن تكون صَلَاة التَّسْبِيح وَالصَّوْم وَالصَّدَََقَة والتوسعة على الْعِيَال والاغتسال وزيارة الْعَالم الصَّالح وعيادة الْمَرِيض وَمسح رَأس الْيَتِيم والاكتحال وتقليم الْأَظْفَار وَقِرَاءَة سُورَة الْإِخْلَاص ألف مرّة وصلَة الرَّحِم وَقد وَردت الْأَحَادِيث فِي الصَّوْم والتوسعة على الْعِيَال وَأما غَيرهمَا فَلم يرد فِي الْأَحَادِيث

Dinuqil dari sebagian Afadlil (orang-orang yang biasa melakukan hal yang paling utama), bahwa amal-amal pada hari ‘asyuro ada dua belas macam amal Sholat, dan yang paling utama adalah:

1. sholat tasbih 

2. Puasa 

3. Sodaqoh 

4. Memberi keleluasaan kepada keluarga (seperti dengan memberi nafkah lebih dari hari-hari biasanya) 

5. Mandi 

6. Mengunjungi orang ‘alim yang sholih 

7. Menengok orang sakit 

8. Mengusap kepala anak yatim 

9. Bercelak 

10. Memotong kuku 

11. Membaca QS. Al ikhlash 1000 kali 

12. Silaturahim

Tentang puasa dan memberi keleluasaan kepada keluarga (keterangannya) tercatat dalam beberapa hadits, adapaun yang lainnya tidak ada.

وَقد ذكر إِمَام الْمُحدثين ابْن حجر الْعَسْقَلَانِي فِي شرح البُخَارِيّ كَلِمَات من قَالَهَا فِي يَوْم عَاشُورَاء لم يمت قلبه وَهِي:

Imamul muhadditsin Ibnu Hajar Al-‘Asqolany dalam syarah Al bukhory mengatakan : “(ada) beberapa kalimat (dzikir) yang barang siapa membacanya pada hari ‘Asyuro, maka hatinya tidak akan mati”.

kalimat tersebut…

سُبْحَانَ الله ملْء الْمِيزَان ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش

Maha suci Alloh dengan sepenuh timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya ‘arasy.

وَالْحَمْد لله ملْء الْمِيزَان ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش

Dan Segala puji bagi Alloh dengan sepenuh timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya ‘arasy.

وَالله أكبر ملْء الْمِيزَان ومنتهى الْعلم ومبلغ الرِّضَا وزنة الْعَرْش

Dan Maha besar Alloh dengan sepenuh timbangan dan (sampai) dengan puncak ilmu dan (sampai) dengan batas akhir ridlo dan dengan beratnya ‘arasy.

لَا ملْجأ وَلَا منجا من الله إِلَّا إِلَيْهِ

Tidak ada perlindungan dan tidak ada keselamatan dari Alloh kecuali kepadanya.

سُبْحَانَ الله عدد الشفع وَالْوتر وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا

Maha suci Alloh dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.

وَالْحَمْد لله عدد الشفع وَالْوتر وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا

Dan Segala puji bagi Alloh dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.

وَالله أكبر عدد الشفع وَالْوتر وَعدد كَلِمَات الله التامات كلهَا

Dan Maha besar Alloh dengan (sebanyak) bilangan genap dan ganjil dan dengan (sebanyak) bilangan kalimat-kalimat Alloh yang semuanya sempurna.

أَسأَلك السَّلامَة بِرَحْمَتك يَا أرْحم الرَّاحِمِينَ وَلَا حول وَلَا قُوَّة إِلَّا بِاللَّه الْعلي الْعَظِيم

Aku memohon keselamatan kepadamu dengan rohmatmu, wahai dzat yang pengasih diantara para pengasih!, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali oleh Alloh yang maha tinggi dan agung.

وَصلى الله على سيدنَا مُحَمَّد وعَلى آله وَصَحبه أَجْمَعِينَ وَالْحَمْد لله رب الْعَالمين

وَنقل سَيِّدي عَليّ الأَجْهُورِيّ أَن من قَالَ يَوْم عَاشُورَاء سبعين مرّة حسبي الله وَنعم الْوَكِيل نعم الْمولى وَنعم النصير كَفاهُ الله تَعَالَى شَرّ ذَلِك الْعَام

Sayyid ‘Aly Al-Ajhuri menuqil, bahwa orang yang membaca “HASBIYALLOHU WANI’MAL WAKIIL NI’MAL MAULAA WANI’MAN NASHIIR” sebanyak 70 kali pada hari ‘asyuro, maka Alloh akan mencegah darinya kejelekan yang ada pada tahun itu..

✓PUASA TASU'A 

(و) الثَّالِث صَوْم يَوْم (تاسوعاء) وَهُوَ تَاسِع الْمحرم لِأَنَّهُ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قَالَ لَئِن عِشْت إِلَى قَابل لأصومن التَّاسِع والعاشر فَقبض صلى الله عَلَيْهِ وَسلم من عَامه

Dan yang ke tiga adalah puasa hari TASU’A, yaitu hari ke Sembilan dari bulan Muharrom. Rosululloh bersabda: “andai aku (masih) hidup pada tahun depan, niscaya aku akan berpuasa pada hari ke Sembilan dan ke sepuluh (dari bulan Muharrom)”. (hanya saja) beliau keburu wafat...

•Semoga bermanfaat dan kita diberi kemampuan oleh Alloh untuk melaksanakannya..☕☕🌹

📚 ~كتاب نهاية الزين، ج: ١ - ص: ١٩٦-١٩٧

Jumat, 09 Juli 2021

Perangkat Pembelajaran TP 2021/2022

 

Perangkat Pembelajaran TP 2021-2022

Merencanakan sebelum melakukan sesuatu adalah hal yang bijak. Begitu juga guru yang akan melaksanakan belajar mengajar, guru bisa memulainya dari mempersiapkan dan merencanakan perangkat pembelajaran.

Pengertian

Perangkat pembelajaran adalah kumpulan instrumen/alat yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran yang terdiri dari media, alat, bahan dan panduan. Penjelasan lain dari perangkat pembelajaran adalah fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas pembelajaran pada siswa di ruang kelas.

Perangkat pembelajaran mempunyai misi agar segala aktivitas guru dalam pembelajaran bisa lebih efisien dan efektif serta sukses.

Urutan Perangkat Pembelajaran

  • Silabus
  • RPP
  • Kalender Akademik
  • Prota
  • Promes
  • Rincian Pekan Efektif
  • Buku Absen
  • Buku Jurnal
  • Buku Penilaian
  • Bundel Portofolio
  • Bank Soal
  • Media

Terdapat beberapa perangkat pembelajaran yang bisa disiapkan agar pembelajaran bisa terlaksana dengan maksimal. Berikut daftarnya:

Silabus

Silabus merupakan perangkat pembelajaran yang didalamnya terdiri dari kompetensi dasar, sumber belajar, standar kompetensi, manajemen waktu dan indikator tujuan yang harus diraih siswa.

Untuk menilainya adalah dengan melihat indikator raihan siswa. Silabus juga bisa disebut sebagai rangkuman dari kurikulum sebab silabus terdiri dari media, target pencapaian dsb.

Elemen Silabus terdiri dari:

  • Batasan dan misi materi pelajaran yang akan disajikan kepada peserta didik.
  • Tujuan dan Sasaran dari suatu materi pembelajaran.
  • Keterampilan yang harus diraih oleh siswa pada setiap mata pelajaran yang disajikan.
  • Rancangan poin konsep materi yang diberikan kepada siswa.
  • Kegiatan dan referensi belajar yang menjadi penyokong kesuksesan dalam aktivitas pembelajaran.
  • Cara evaluasi yang dipakai dalam pembelajaran.

RPP

Yang merupakan singkatan dari rencana pelaksanaan pembelajaran ini adalah tahapan yang kudu dilalui oleh guru pada aktivitas pembelajaran kepada siswa. RPP terdiri atas metode, model, instrumen penilaian, pelaksanaan dan evaluasi.

Ini adalah elemen yang terkandung pada RPP:

komponen yang terdapat pada rencana pembelajaran :

  • Indikator/parameter pembelajaran
  • Kompetensi dasar (KD) dan Standar kompetensi (SK)
  • Skenario Pembelajaran
  • Model Pembelajaran
  • LKS Lembar Kerja Siswa
  • Pokok pembahasan
  • Pengukuran Hasil Belajar
  • Sumber dan sarana/media/fasilitas dan Pembelajaran

Pada LKS lembar kerja siswa adalah kegiatan siswa dalam melaksanakan aktivitas investigasi dan problem solving.

Berikut contoh RPP Kelas 1 silahkan klik download

Berikut contoh RPP Kelas 2 silahkan klik download

Berikut contoh RPP Kelas 3 silahkan klik download

Berikut contoh RPP Kelas 4 silahkan klik download

Berikut contoh RPP Kelas 5 silahkan klik download

Berikut contoh RPP Kelas 6 silahkan klik download


Kalender Akademik

Kalender pendidikan atau akademik adalah manajemen waktu untuk aktivitas belajar mengajar siswa selama satu tahun ajaran. Didalamnya erdiri dari manajemen waktu pembelajaran seperti UAS dan UTS, tahun ajaran, minggu belajar efektif dan hari libur.

1. Berikut contoh Kalender akadeemik silahkan klik download

2. Berikut contoh Kalender akadeemik silahkan klik download

Prota

Adalah singkatan dari program tahunan yang berguna untuk mengetahui batasan dari sebuah materi yang telah ditetapkan sebelumnya di dalam tabel program tahunan. Prota terdiri dari informasi materi pelajaran dalam rentang satu tahun pembelajaran.

Dan dalam satu tahun terdiri atas dua semester dan prota dibuat berlandasan program semester tersebut.

Promes

Promes adalah singkatan dari program semester yang berguna untuk mendeskripsikan pemberian materi dalam rentang waktu satu semester berlandaskan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang sudah dibuat di Standar Isi.

Rincian Pekan Efektif

RPE merupakan hasil analisa pada manajemen waktu yang efektif pada saat tahun ajaran dilaksanakan. Dalam membuat RPE guru harus mengacu pada kalender pendidikan/akademik yang telah disusun. RPE bisa berfungsi untuk panduan guru keteki menetapkan hari efektif dalam aktivitas pembelajaran.

Buku Absen

Buku absen merupakan buku yang memuat nama lengkap siswa pada suatu kelas. Kegunaan dari buku absen adalah untuk memantau kedatangan siswa di kelas.

Buku Jurnal

Buku jurnal merupakan buku yang memuat tentang catatan sikap siswa pada saat aktivitas pembelajaran dilakukan. Catatan tersebut mulai dari sikap tanggung jawab, kerja kelompok aturan dll.

Buku Penilaian

Buku penilaian ini berfungsi untuk mencatat segala informasi dari hasil evaluasi dari siswa.

Bundel Portofolio

Kita sering menyebutnya clipping yang merupakan kumpulan tugas yang dikerjakan peserta didik. Bundel portofolio berguna untuk mengawasi setiap peningkatan yang dilakukan siswa dalam aktivitas pembelajaran. Ini berguna agar siswa bisa mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Dengan bundel ini guru bisa mengetahui cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan siswa dan bisa memutuskan metode atau model apa yang harus dilaksanakan.

Bank Soal

Seperti namanya bank soal merupakan buku yang terdiri dari himpunan soal yang nantinya diberikan ke siswa untuk mengembangkan daya pikir dan penyelesaian masalah pada aktivitas pembelajaran.

Media

Ketika pelaksanaan dan presentasi pembelajaran dimulai. Media adalah salah satu elemen yang penting dalam kesuksesan pembelajaran. Keputusan dalam memilih media mana yang cocok untuk siswa adalah sebuah tantangan bagi guru dalam mengasah daya analisa dan kreativitasnya.

Manfaat Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

Pada bagian ini akan diuraikan manfaat dan kegunaan perangkat pembelajaran bagi guru

Perangkat Pembelajaran sebagai Pedoman

Selain bisa menjadi panduan guru bila dalam aktivitas pembelajaran terjadi kebingungan juga bisa meningkatkan kapabilitas guru dalam mengajar.

Sebagai Perbandingan Tolak Ukur/Eevaluasi

Dengan perangkat pembelajaran guru bisa menilai hasil kerjanya selama mengajar. Selain itu guru juga bisa melakukan evaluasi/refleksi agar pembelajaran bisa ditingkatkan dari segi kinerja dan cara mengajar agar siswa bisa lebih berkembang.

Peningkatan Profesionalisme

Selain menjadi pelengkap administrasi, perangkat pembelajaran juga bisa mengembangkan kedewasaan guru kedalam ranah profesional. Guru bisa memaksimalkan dirinya dan evaluasi kinerjanya pada aktivitas pembelajaran. Sehingga kapabilitas guru bisa naik level.

Mempermudah

Dengan instrumen ini guru bisa lebih mudah dalam aktivitas pembelajaran. Karena administrasi dan tujuan jelas menjadikan guru bisa lebih fokus dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018 sebagai kelancaran aktivitas.

Salam Pena Guru NUsantara

Kamis, 08 Juli 2021

naik kelas




Assalamu'alaikum Warohmatullahi wabarokaatuh..

Alkhamdulillaah...

Anak-anaku yang sangat saya sayangi..

Betapa waktu kian berlalu hingga tanpa sadar bahwa sudah berjalan setahun lamanya, besar harapan pak guru untuk melihat kalian disaat keluar dari kelas ini (naik kelas 6) menjadi anak yang berprestasi dan semakin menjadi anak yang membanggakan pak guru yang pernah menjadi wali kelas kalian, banyak hal yang membuat pak guru selama setahun lamanya kita bersama di kelas ini, menjadi orang tua kalian, mungkin itu merupakan sebuah kenangan yang sangat berharga, akan tetapi saya berpesan kepada kalian untuk meningkatkan prestasi belajar, karena banyak sekali sesuatu yang membuat pak guru yang menjadi catatan penting terutama yang berkaitan dengan prestasi belajar kalian.

Tahun ajaran depan kalian sudah tidak lagi bersama saya, tetapi hal itu bukan sebuah alasan untuk memutus silaturrahmi, kalian saya perkenankan main kerumah, atau berkonsultasi seperti saat kalian menjadi anak didik saya anggap saja pak guru adalah orang tua kalian sendiri. Sekarang apakah kalian sudah melihat hasil prestasi belajar kalian dalam buku raport.? itu adalah sebuah nilai usaha kalian selama satu tahun menjadi siswa kelas 5(lima) dan itulah yang kamu dapatkan..! pak guru berharap kalian tingkatkan prestasi kalian.

Anak-anakku yang saya banggakan.

Beberapa prestasi kelas kita yang kalian usaha bersama menjadikan sebuah kebanggakan tersendiri, dari mulai bidang olahraga, cerdas cermat, dan perlombaan lainnya yang kalian tampilkan dengan kelas-kelas lain untuk berkompetisi, saya berharap kepada kalian hal itu adalah sebuah kekompakan dalam sebuah kebersamaan, maka dari itu saat kalian naik kelas nanti harap dipertahankan dan raih sesuatu yang menurut kalian itu penting, khususnya prestasi kelas kalian.

Mengingat pentingnya belajar, pak guru sangat menekankan kepada kalian untuk eksis dalam kegiatan belajar, hentikan malas, bolos, nakal, dan lainnya, pak guru kasihan kepada kalian apalagi jika kalian naik kelas pada kelas berikutnya pak guru berharap jangan membebani wali kelas kalian nanti, karena tanggung jawab sebagai wali kelas yang begitu besar, maka itu jadilah anak yang berprestasi, sebelum pak guru tutup, dimohon kalian merunduk dan berdoa semoga perjalanan kita dalam satu tahun kebelakang diridhoi Allah Swt serta menjadi manfaat, akhir kata pak guru mengucapkan mohon maaf jika dalam suatu pembinaan pak guru selaku wali kelas kalian begitu keras, menyakiti perasaan kalian, dan sebagainya, semua itu pak guru lakukan tak lain adalah untuk kalian sendiri.

Wassalamu 'alaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh...

Bendosari, 8 Juli 2021